Friday, January 9, 2015

Berbuat Kebaikan Di Hari Jumat Penuh Berkah

Dapat sms dari anak lanangku si Javir.
" Assalamualaikum bund, lagi ngapain di tempat kerja? Btw hari Jumat ini sudah berapa kebaikan yang bunda lakukan?"
Sontak kaget dengan pertinyiin yang gak biasanya ini. Bukan soal lagi ngapain ditempat kerja, tapi berapa kebaikan yang sudah emaknya lakukan di hari ini.

Nih anak nyentilnya kebangetan deh keknya. Membuat emaknya berpikir keras dari pagi sampai siang ini entah kebaikan apa yang sudah aku lakukan ya?. Beliin temen makan pagi enggak. Bikinin bos kopi juga enggak. (Diminta bikin sih tapi kutolak, kuganti bikin teh tawar panas).

Banyak berbuat baiklah selama hidup di dunia utamanya di hari Jumat. Karena hari Jumat adalah hari yang terbaik diantara hari baik. Begitu pernah kudengar ceramah di masjid dekat rumah.

 
Dan ini juga pernah di dengar oleh Javir. Ya iiyalah pas dengerin ceramah kan dia ada di sampingku. Pesan Javir segera kujawab. Gak pake lama sebelum pesan berikutnya makin lebay yang dia tanyakan.
Kukatakan baru 2 hal yang yang kukerjakan dan masuk dalam sebuah kebaikan.

1. Nyingkirin 2 paku yang kulihat terlentang berjemur di jalan. Si paku sok imut tapi bisa bikin meletus roda mobil/ motor. Daripada dia kepanasan dan jadi makin item , kumasukin dalam tas Kerjaku. Lumayan kan dibawa ngalor ngidul sama pere manis macam bundamu ini naak.
2. Dengerin curcol temen di dumay.

Woke ...abaikan saja balasan pesan Javir selanjutnya. Intinya sebagai emak , aku harrus jelaskan ditel kenapa itu menjadi hal kebaikan buatku.
Untuk kebaikan no 1. Sepelehhh siihh, cuma nyingkirin 2 paku. Tapi...kamoon gaes. Bisa kubayangkan ada motor atau mobil yang terkena dampak paku berjemur. Ban pasti kempes ato bahkan meletus  kalo jalanan lagi sepi mungkin masih bisa selamat. Paling dia harus nuntun nyari tambal ban terdekat. Dan akhirnya telat untuk sampai ke kantor, dan akhirnya dimarahi sama si bos, dan akhirya terpotonglah gaji bulanannya, dan akhirnya bini di rumah nyap nyap karena duit belanja berkurang manaa sekarang apa apa mahal. #eh apa sih.

Yang lebih tragis adalah bila ban meletus lalu terjadilah hal yang tak diinginkan, kecelakaan misalnya. Naudzubillahmindzalik kalo sampai si paku menyebabkan nyawa melayang. Sedangkan doa yang terpanjat saat berangkar mencari nafkah adalah selamat dan raih rejeki berkah. Ah..sedih ngebayangin kehilangan orang yang kita cintai.

Untuk kebaikan ke dua. Si Javir rada gak ngeh, kalau dengerin orang curcol tuh kebaikan mendatangkan pahala.



 Aihh..nak. Mendengar curhat teman yang sedang memiliki masalah, dan membuat dadanya sesak adalah pahala yang tak terhingga. Apalagi jikalau tak hanya sekedar menjadi pendengar. Tapi kita mampu memberikan solusi akan masalah tersebut. Tentu hal ini akan membuat teman kita menjadi tenang dan hatinya lebih plong. Bahkan dia akan bisa kembali tersenyum.  Bisa jadi , selama berhari hari dia menangis karena beratnya masalah yang dia hadapi dan akhirnya kamu bisa melihat senyum bahagianya saat usai curcol denganmu.
Kamupun akan ikut merasakan bahagia.


Usah kau pilih hari apa kau akan berbuat kebaikan. Usah kita hitung berapa kebaikan yang sudah kita lakukan. Usah kau pilih siapa yang akan menerima kebaikanmu. Just do it. Biarkan tangan Allah bekerja untuk semua kebaikanmu. Setiap hari, setiap saat berbuatlah kebaikan. Percayalah, tak ada  keburukan dan kebaikan sebutir debu pun yang terlewat dari pandangan Rabbmu. Dan Dialah maha pemberi balasan untuk apapun yang dilakukan oleh hambaNya.

"Lalu, kebaikan apa yang sudah kamu lakukan hari ini mas?" Tanyaku balik mengirim pesan.
" Kasih temenku 5 jawaban soal ulangan bun, kesian dia gak bisa ngerjain" balas Javir.
#oke fain.




0 comments: