Friday, February 15, 2013

Pembamgkit Listrik Tenaga surya untuk perkotaan

Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS akhir- akihir ini makin marak Kita lihat di perkotaan,umumnya akan terlihat di gedung perkantoran,apartemen dan lain sebagainya.Di tahun 2010 perkiraan akan kebutuhan listrik di seluruh Indonesia akan terus meningkat,dan ini terbukti.Hingga tahun 2010 beban puncak listrik di Indonesia mencapai 360 ribu watt.Untuk memenuhi beban tersebut PLN telah bekerja keras memenuhi kapasitas yang di targetkan,namun diperlukan juga penambahan kapasitas pembangkit baru yang memerlukan investasi besar.

Mengingat bahwa PLN bukan lagi penanggung jawab tunggal dalam penyediaan tenaga listrik (sesuai UU No 20 tahun 2002),maka masyarakat Indonesia diharapkan untuk lebih kreatif dan ikut serta dalam berinovasi dalam pengembangan pembangkit tenaga listrik.Guna mendukung penyediaan dan pemakaian energi agar terwujud pembangunan yang berkelanjutan.Salah satu yang gencar saat ini adalah pemanfaatan energi terbarukan yang memanfaatkan matahari sebagai pembangkit listrik atau pembangkit listrik tenaga surya.

Friday, February 1, 2013

Bisnis Online dengan energi positif

Bisnis online yang menjamur di internet dewasa ini, perkembangannya cukup signifikan.Ada banyak produk yang ditawarkan,hampir semua oko online tmenjamin kemudahan berbelanja dan berbisnis.Tinggal klik produk yang di tawarkan kekeranjang belanjaan,pilih pola pembayaran,transfer atau paypal,lalu contact/ mengirim email pada toko online  yang bersangkutan ,barang akan segera sampai di tujuan.

Akan tetapi sebagai pengelola bisnis online ( www.warungenergi.com dan http://tokoenergi.jejualan.com),bisnis ini banyak memberikan pengalaman yang beragam dalam menghadapi persaingan antar sales online juga dalam menghadapi seorang consumer.Pengalaman yang akan Aku tulis  ini sekedar share saja buat semua teman yang juga memiliki bisnis online dan suka dukanya.Intinya adalah sebagai seorang penjual tentu saja harus memberikan service yang memuaskan pada pembeli.Apapun dan bagaimanapun mereka,sepanjang masih bisa di handle dengan baik,Kita berikan mereka pelayanan yang terbaik.

Pernah suatu hari,kuterima email dari seorang konsumen,yang menanyakan harga peritem sebuah panel surya.Melihat nama pengirimnya adalah sebuah nama PT (sebut saja PT Pemesan),rasanya aku sudah senang duluan,bayangan mendapat order besar dan rupiah yang bakal masuk kantong sudah di depan mata...(Harapan semua pebisnis,yang mau dapat konsumen kelas kakap)

Seperti yang sudah aku ceritakan di atas ,email dari perusahaan tersebut menanyakan harga sebuah panel surya 100 wp.Kujelaskan harga dan ketentuan lainnya dengan suka cita,tak lupa aku kirimkan price list.Dengan manis Aku katakan,Kami tunggu order Anda...(mungkin bila berhadapan langsung akan kuberikan senyum pepsodentku..jiaahh).


Esok hari,kubuka email dan perusahaan tersebut menanyakan kembali tentang discount,berapa hari pengiriman dll.Aku semakin excited melayani berbagai pertanyaan standart konsumen tersebut.Dan yang Aku tunggu tunggu tentu saja kesepakatan deal sebuah harga yang lumayan besar.Setelah deal,segera rantai prosedur persiapan pengiriman aku gerakkan sembari menunggu transfer dana yang telah di sepakati.

3 hari berlalu,sms pemberitahuan dari Bank akan adanya dana yang masuk di rekeningku dari PT tersebut,masih juga belum ada,langkah yang aku ambil adalah mencoba mengirim email konfirmasi ke PT pemesan,kutanyakan kelanjutan pembelian panel suryanya.Sepuluh menit kemudian, aku dapatkan respon dari yang bersangkutan,dengan alasan pimpinan masih belum memutuskan karena akan ada revisi pemesanan barang.Tentu saja revisi menyebabkan perubahan harga,di hari itu juga terjadi kesepakatan baru,Dengan diplomatis Aku menjawab terima kasih atas respon dan tanggapannya.