Skip to main content

Posts

Jihad Dalam Islam

Surat Al-Hujurat Ayat 15
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا وَجَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الصَّادِقُونَ
Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar".
Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya.

Pernah menemukan artikel tentang jihad, yaitu secara umum, sebagian ulama mendefinisikan jihad sebagai “segala bentuk usaha maksimal untuk penerapan agama Islam dan pemberantasan kedzaliman serta kejahatan, baik terhadap diri sendiri maupun dalam masyarakat. Ada juga yang mengartikan jihad sebagai “berjuang dengan segala pengorbanan harta dan jiwa demi menegakkan kalimat Allah (Islam) atau membela kepentingan agama dan umat Islam.”
Recent posts

Menegakkan Keadilan

Menegakkan keadilan bukan hanya ranah dari sebuah negara dan merupakan kewajiban bagi para pemimpinnya. Dalam sebuah keluarga, keadilan juga harus ditegakkan. Begitu protes anak gadis ketika dirinya merasa bahwa emaknya ini tak berlaku adil terhadapnya, antara dia dan adiknya... Ini Allah hanya menitipkan 2 anak, gimana ibu bapak saya dulu yang punya 12 anak, ya?. Apakah sebagai seorang ibu saya merasa sedih dan terasa tertampar?, mungkin iya, tapi rasanya harus lebih banyak koreksi diri. Mengoreksi dengan hati dan kepala jernih. Apakah benar selama ini saya sebagai seorang ibu telah berlaku tidak adil kepada anak anak. Ibunya ini perempuan biasa yang memiliki banyak kekurangan dan harus memikirkan banyak hal. Im not a super mom.



Berasanya, saya mah sudah adil terhadap anak. Motor udah satu satu. Biar gak rebutan dan saling nunggu kalau lagi butuh. Uang saku dan bensinpun sama. Pagi bekal sekolahnyapun sama. Yang berbeda mungkin bagaimana saya memperlakukan mereka. Kasih sa…

Kebaikan Menghapus Dosa

Di dunia ini gak ada manusia yang tanpa dosa. Sengaja atau tidak disengaja, dosa selalu mengintai kehidupan kita sehari hari. We just human being, lidahpun tak bertulang. Jangankan ucapan secara lisan, ucapan dalam hati saja bisa menimbulkan dosa. Ucapan yang gimana tuh?, ya ucapan yang bisa melukai hati orang lain, ucapan yang bisa menimbulkan fitnah dll. Hati yang diam diam menyimpan kebencian, kemarahan, iri dan dengki. Semuia itu menimbulkan dosa bukan?.  Ibarat kaca jendela rumah yang tak pernah tersentuh lap basah untuk menghilangkan debu yang menempel, demikian juga dengan dosa sosa yang menempel di tubuh kita. Bila tidak tiap hari kita bersihkan, dosa akan menumpuk dan ujungnya hidup kitapun kian terpuruk dalam lembah dosa, susah mengentaskannya. 

Tunjukkan Aku Jalan Yang Lurus

Gosip...Gosip...Gosip

Pernah ngegosip, gak?. Kalau jawabannya gak pernah pasti itu kalian semua sedang dalam kondisi amnesia sesaat...wkwkwk. Pasti pernahlah ngegosip dikit dikit, atau gak sengaja karena lidah lagi keseleo dan syaiton lagi ngeronda di hatimu. Gosip itu digosok makin siip. Makin kita ngomongin orang dan syetan yang lagi gak ada kerjaan ikut nimbrung dijamin ngegosip bakal makin hots. Apalagi ada camilannya. Lupain dah soal cucian dan setrikaan yang menggunung. Nih kayaknya pengalaman pribadi yang nulis yak...:D. Itu mah dulu, sekarang jarang banget ngegosip, karena sudah terwakilkan dengan acara inpotemen di tv...:P. 
Eh..itu dulu. Sekarang udah jauh berkurang (Lagi). Soalnya ada info di inet kalau ternyata ngegosip itu memiliki efek negatif bagi kesehatan. Diantaranya adalah bisa menyebabkan depresi. Karena kadang tanpa kita sadari orang yang kita gosipin mendengar isi gosip kita jadi kepikiran lalu merasa terisolasi dari pergaulan , inilah yang menyebabkan depresi. Ngegosip juga bikin ki…

Dahsyatnya Keajaiban Bersedekah

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Katakanlah; ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rizki pada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba-Nya, dan Allah menyempitkan rizki pada orang yang dikehendaki-Nya. Dan apapun yang kamu infakkan atas rizki yang diberikan Allah, maka Allah menggantinya kembali dan Allah-lah sebaik-baik pemberi rezeki.” ( Qs Saba : 39 )

Banyak ayat dalam Al quran yang membahas tentang anjuran untuk infak dan bersedekah. Salah satunya adalah ayat dari surat Saba ayat 39 di atas. Betapa bersedekah sangat banyakmanfaatnya bagi manusia. Dengan bersedekah kita bisa membantu meringankan beban ataupun kesulitan orang lain. Dan Allah berjanji dalam firmanNya, bahwa sedikit yang kita beri Allah akan membalasnya berlipat ganda. Allah akan mendatangkan pahala dan kebaikan dan rejeki tanpa di duga darimana datangnya. Dan janji Allah selalu benar…

Dahsyatnya LAA ILAAHA ILLA ANTA SUBHAANAKA INNI KUNTU MINAL DHOOLIMIINA

Setiap muslim yang meyakini akan kebesaran dan keajaiban ayat ayat dalam Al Quran pasti memiliki doa khusus ketika menghadapi sebuah kesulitan dalam hidupnya. Tak terkecuali saya. Doa ini adalah doa andalan ketika kesulitan datang tanpa diundang. Mau kesulitan besar maupun kecil. Ayat ini saya dapatkan dari almarhumah ibu. Beliau memang bukanlah perempuan dengan pendidikan tinggi. Hanya setamat sekolah madrasah. Seperti kita ketahui bahwa dijaman kolonial Belanda dulu sekolah dasar bukanlah milik rakyat jelata, tapi milik kaum bangsawan atau rakyat terpandang.So, ibu hanya bersekolah di pondok pesantren. 

Ditahun 77, ketika akan mengahadapi ujian sekolah dasar, saya begitu resahnya. Malam sebelum ujian jadi susah tidur. Berkali kali bangun ngebuka buku , meyakinkan diri bisa ngerjain soal soal esok hari dan seterusnya. Rasa takut tak akan mengerjakan soal ujian dengan baik. Trus dapat nilai jelek, trus gak bisa masuk sekolah negri yang waktu itu bayarnya gak terlalu mahal. Trus kalau g…